Senin, 23 September 2013

Segar Bugar Hiking Menuju Kawah Ratu @Tangkuban Perahu

perjalanan kali ini bermula waktu saya mendapatkan tugas dinas dari kantor menuju kota bandung. singkat cerita tugas dinas selesai dan yang ada dibenak saya what next, kebetulan wekend jadi bisa muter-muter sekitaran bandung dulu dan silaturahim ke keluarga di nagreg. waktu asyik ngobrol dengan teman dia bilang mau ke tangkuban perahu, wah boleh juga ini soalnya kurang minat dengan wisata belanja dan kuliner (tapi klo ditraktir bisa diperhitungkan hehe). tapi karena suatu hal teman saya batal, dia memilih berangkat menuju jakarta dan pulang lebih dulu. dan jadilah esoknya petualangan solo dimulai,
setelah malamnya browsing-browsing cara menuju tangkuban perahu. pagi hari setelah sarapan dan checkout dari hotel di jl. riau dengan naik angkot biru menuju terminal ledeng trus dari ledeng naik elf tujuan lembang dengan jarak sekitar 7.3km dan waktu tempuh sekitar 20 menit ongkosnya 4rb. dari pasar lembang naik angkot kuning dengan tujuan cikole. satu persatu penumpang turun dan tinggallah saya sendiri. beberapa saat kemudian seorang dipinggir jalan nyetop angkot dan bilang mau carter angkot ke supir. jadilah saya diturunkan di pertigaan Cikole walaupun tanpa paksaan (itung2 bantu sopir angkot nyari rejeki) bayar ongkos 4rb. dipertigaan nanya2 sama ibu pedagang asongan cara menuju kawah ratu, katanya bisa nyarter

angkot atau naik ojek ongkosnya sekitar 50rb, trus katanya dari gerbang lumayan jauh ke kawahnya. sejenak berpikir lumayan juga ongkosnya, kemudian ibu2 itu ngasih masukan mending sholat jumat dulu baru naik soalnya di atas cuma ada mushollah, trus nunjukin masjid terdekat. betul juga kata ibunya, dengan jalan kaki sekitar 10 menit nyampe masjid. didepan masjid ada bapak2 yg lagi jualan cimol, sambil nunggu waktu jumat saya ngobrol2 dengan bapaknya tanya cara ke kawah ratu sambil menikmati cimol lumayan buat ngisi perut. kata bapaknya kalo mau kesana dari sini naik elf tujuan subang trus turun di depan gerbang, trus nyewa ojek ke kawah dengan ongkos yg lumayan buat backpacker. kata bapaknya kalo turun mending jalan saja. singkat cerita habis sholat jumat sambil nyantai lewat hp n googlemap saya mau tahu berapa jarak sebenarnya dari gerbang ke kawah. dari om google jaraknya sekitar 4km belum lagi tanjakan yang menantang, dalam hati berkata sepertinya layak dicoba olahraga sekalian nikmati udara dan pemandangan hutan. berdasarkan prediksiku waktu tempuh paling buruk sekitar 1,5jam naik turun jadi 3jam sekarang jam 1, nanti turun nyampe gerbang paling lambat jam 4 sore.ok jadi diputuskan saya akan naik elf sampe gerbang dan jalan kaki sampai kawah ratu. keluar dari masjid makan bakso dulu di samping masjid, lumayan buat asupan kalori, trus ke warung beli minuman and biskuit buat bekal siapa tahu di tengah jalan lapar mendadak hehe. habis bli snack naik elf tujuan subang turun di gerbang taman wisata tangkuban perahu ongkosnya 5rb. nyampe gerbang beli ticket 13rb dan lets go. jujur sepanjang jalan naik menuju kawah ratu rasa capek tidak terasa mungkin karena otak dimanjakan dengan pemandangan yang luar biasa. walaupun nafas menderu dan hujan rintik tapi dengan pemandangan wow, udara sejuk (lebih tepatnya dingin sampe keluar uap dari mulut), kabut tipis, beberapa monyet yang melompat-lompat dipepohonan bikin perjalanan ini mendatangkan sensasi luar biasa sampai cuma bisa bilang subhanallah. sepanjang tanjakan ke atas beberapa kendaraan melewati saya dari bus pariwisata, mobil pribadi, sampe club motor. saya cuma bisa menerka-nerka kira2 apa yang ada dipikiran mereka tapi yang pasti dipikiran saya adalah kasian mereka tidak bisa menikmati perjalanan dan pemandangan senikmat ini dan terima kasih untuk asap knalpotnya. beberapa lama berjalan setelah melewati pertigaan terminal bus pariwisata saya melihat ada plang yang menunjukkan jalur tracking menuju kawah ratu tapi saya pikir tidak akan aman berjalan sendirian ditengah hutan, jadi saya memilih jalur kendaraan saja. mungkin kalo ada teman lewat jalur tracking pasti lebih menarik. setelah berjalan menanjak sekitar 1jam tepatnya 58menit alhamdulillah sampelah saya di kawah ratu. setelah puas menikmati kawah ratu, turun menuju gerbang taman wisata nyampe sekitar jam 3 sore. sekitar 1/2jam nunggu elf dari arah subang menuju bandung. naik elf turun di terminal ledeng dengan ongkos 12rb. target tangkuban perahu tercapai dan perjalanan saya teruskan menuju rumah keluarga di nagreg. jadi buat teman-teman yang mau merasakan sensasinya menikmati tangkuban perahu dengan cara yang berbeda silahkan dicoba. berikut treknya cuma dapat sebagian soalnya baru ingat ngerecordnya setelah jalan beberapa menit lengkap dengan beberapa foto mewakili view sepanjang perjalanan