Selasa, 20 April 2010

Sharing Koneksi Internet Lewat WiFi

Mungkin sudah basi, bagi anda yang baik hati mau menshare koneksi internetnya buat teman-teman kost yang punya PC atau Laptop yang ada wirelessnya, tapi tidak tahu caranya. Baik itu koneksi internet lewat modem GSM/CDMA atau dari jaringan LAN. Ini nih ada cara yang praktis dan tidak perlu tambahan perangkat/hardware lainnya, cuma setting-setting WiFi di komputer Anda dan komputer teman-teman Anda.

Pertama-tama kita perlu menyetting Laptop/PC kamu yang sudah punya koneksi internet, caranya sebagai berikut:
  1. Buka Control Panel
  2. Pilih Network Connections
  3. Pada jendela Network Connections, klik kanan pada koneksi internet anda yang aktif. misalnya (IM2, Telkomsel Flash, dll). Terus pilih Properties.
  4. Pada jendela Properties pilih tab Advance, terus pada kolom Internet Connection Sharing klik pada pilihan Allow other network users to connect through this computer's internet connection. Kemudian klik OK.
  5. Masih di jendela Network Connections, klik kanan pada Wireless Network Connections pilih Properties.
  6. Pada jendela Properties yang muncul pilih tab Wireless Networks, kemudian pada kolom Preferred Networks klik tombol Add.
  7. Setelah tombol Add di klik muncul jendela Wireless Networks Properties, pada form Network name (SSID) isikan "gratisan" (atau terserah tanpa tanda petik).
  8. Masih pada jendela yang sama, hilangkan centang pada The Key is provide for me automaticaly. Kemudian isi netwok key (terserah) dan isi confirm network key sama dengan network key.centang pada This is a computer-to-computer (ad hoc) network; wireless access points are not used. Klik OK
  9. Pada jendela Wireless Network Connections ....., Pilih tab General pilih Internet Protocol (TCP/IP), kemudian klik Properties.
  10. Muncul jendela Internet Protocol (TCP/IP) Properties, klik Use the following IP address: 192.168.0.1 dan subnet mask 255.255.255.0 , default gateway tidak perlu di isi. Klik OK dan Klik OK lagi.
Sampai ini setting untuk komputer anda sudah selesai.

Terus, untuk memulai koneksi:
  1. Pada komputer Anda klik kanan pada icon wireless connections pada taskbar, kemudian pilih View Available Wireless Networks. Setelah muncul jendela Wireless Connections pilih network yang telah dibuat, kemudian klik Connect.
  2. Pada komputer teman anda klik kanan pada icon wireless connections pada taskbar, kemudian pilih View Available Wireless Networks. Setelah muncul jendela Wireless Connections pilih network yang telah dibuat (Gratis), klik Connect dan isikan WEP key sama dengan Network Key yang diisikan di atas.
Jika muncul notifikasi Connected maka teman Andapun sudah bisa internetan.

Semoga bermanfaat, sekian, terima kasih, wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh :).

3 komentar:

  1. jika pakai modem gimana caranya??

    BalasHapus
  2. modem apa maksudnya?
    di atas kan saya sudah jelaskan diparagraf pertama. yang jelas koneksi internetnya sudah nyambung di PC atau Laptop satunya, maka ikuti aja langkah-langkah di atas untuk mensharenya. okay

    BalasHapus
  3. Kalau koneksi menggunakan kabel LAN antar laptop gimana caranya ?????

    BalasHapus